Deteksi Dini Kanker Usus Besar Dengan Kolonoskopi

Deteksi dini kanker usus

Deteksi dini kanker usus

Resiko terserang kanker usus besar menjadi semakin tinggi mengikuti semakin bertambahnya umur seseorang. Pada umumnya dalam dunia kedokteran, ancaman terserang Kanker Usus Besar mulai terjadi pada usia 40 tahun keatas terutama bagi yang hidup dengan pola makan kehidupan modern. Pada saat sekarang terdapat cara yang canggih yang dapat mendeteksi bahaya serangan Kanker Usus Besar secara dini dengan tindakan Kolonoskopi.

Dengan menggunakan alat yang disebut Colonoscope, seorang Dokter Ahli dapat memeriksa kesehatan seluruh dinding Usus Besar dengan teliti untuk mendeteksi adanya tumor ataupun polip yang bila dibiarkan dengan berjalannya waktu bisa berubah menjadi Kanker.

Dengan terdeteksi secara dini, dapat diambil tindakan sebelum tumor ganas tersebut menyebar yang dapat membahayakan kehidupan seseorang, karena seperti diketahui, biasanya apabila keluhan telah timbul dan dirasakan oleh seseorang, kanker telah berada pada stadium lanjut dan sulit disembuhkan.

Kolonoskopi adalah tindakan untuk memeriksa Saluran Usus Besar dengan menggunakan peralatan canggih berupa Lensa Serat Optik yang sangat lentur yang dimasukkan melalui anus (dubur) sampai menjangkau Usus Besar. Gunanya terutama untuk memeriksa keadaan dinding Usus Besar dari bahaya adanya Polip atau kelainan yang dicurigai sebagai keganasan.

Persiapan sebelum Kolonoskopi
Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka Usus Besar harus dibersihkan dari sisa makanan sebelum tindakan. Untuk membersihkan saluran Usus Besar, Anda akan diinstruksikan untuk minum larutan pencuci perut pada sore hari dan malam hari sebelum pemeriksaan. Patuhi instruksi tersebut secara cermat karena prosedur akan ditunda atau harus diulang apabila Usus Besar dalam kondisi tidak bersih.

Kolonoskopi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Pada saat tindakan, Dokter biasanya memberikan obat suntikan untuk relaksasi untuk mengurangi rasa tidak menyenangkan selama tindakan, yang kadang-kadang hanya berupa rasa kembung, tekanan di perut atau kram perut ringan.

Teknis Pelaksanaan Kolonoskopi
Lensa Serat Optik akan dimasukkan perlahan lahan kedalam Usus Besar melalui anus (dubur). Bagian dalam saluran Usus Besar akan terpantau secara jelas dan cermat oleh kamera pada ujung Serat Optik yang akan menyalurkan gambar hasil pemeriksaan ke layar monitor untuk dianalisa oleh Dokter dan gambar akan direkam dalam rekaman Video Tape.

Prosedur ini biasanya memakan waktu kurang lebih 20 menit atau bisa lebih apabila dilanjutkan dengan tindakan pengangkatan Polip. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya Polip atau bagian Usus Besar yang harus diperiksa lebih detail, maka Dokter akan melakukan pengambilan Polip atau contoh jaringan pada bagian yang dicurigai adanya kelainan tersebut, dengan menggunakan alat yang sama.

Dengan melakukan pendeteksian dini kanker usus jadi penanganan lebih cepat dan tepat. Penanganan terbaik adalah dengan obat herbal kanker usus yang aman serta berkhasiat.

Tentunya melakukan prosedur kolonoskopi untuk melakukan pemeriksaan kanker usus besar memerlukan biaya yang cukup mahal dikarenakan menggunakan teknologi dan fasilitas canggih, karena itu mulai sejak dini sebelum bertambahnya usia alangkah baiknya kita menjaga kesehatan usus kita dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan suplemen herbal untuk mencegah penyakit usus muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *