Jenis Miom Dibedakan Berdasarkan Letaknya

      No Comments on Jenis Miom Dibedakan Berdasarkan Letaknya

miom penyakit tumor jinak

ada beberapa Jenis Penyakit Miom yang diketahui serta dibedakan berdasarkan Letaknya, untuk itu sebaiknya kita mengatahui dan mengenal perbedaan dari jenis jenis tersebut.
Ketika sesuatu terkait gangguan kesehatan terjadi di sekitar rahim, tentu menjadi sangat mengagetkan dan membuat khawatir. Begitu pula bila perempuan mengetahui dirinya memiliki miom. Sekitar 75 persen wanita pernah mengalami miom. Miom (uteri fibroid/leiomioma) adalah pertumbuhan di dalam atau sekitar rahim yang tak bersifat ganas/kanker, tetapi berupa tumor jinak. Miom bisa muncul hanya satu, tetapi juga bisa beberapa secara sekaligus. Ukurannya bervariasi, bisa sekecil biji hingga ukuran besar yang menyebabkan rahim membesar.

Jenis Miom Berdasarkan Letaknya :

  • Miom yang tumbuh di antara jaringan otot rahim (fibroid intramural). Ini lokasi yang paling umum terjadinya miom.
  • Miom yang tumbuh di bagian luar dinding rahim ke rongga panggul (fibroid subserous). Ini jenis yang bisa tumbuh menjadi besar.
  • Miom yang tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim (fibroid submucous).

Beberapa faktor Penyebab Miom
Belum diketahui secara pasti penyebab miom, tetapi dikaitkan dengan hormon estrogen. Faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya miom adalah:

  1. Obesitas dapat membuat produksi hormon estrogen pun meningkat.
  2. Faktor keturunan. Wanita dengan ibu atau saudara perempuan yang pernah mengalami miom akan cenderung mengalami miom juga.
  3. Faktor lain, seperti konsumsi alkohol, konsumsi daging merah, rokok, dll.

Gejala Miom
Sebagian wanita tak menyadari mengalami miom, tetapi bisa dikenali melalui gejala miom ini:

  • Masa haid yang menyakitkan atau berlebihan.
  • Konstipasi dan sering buang air kecil.
  • Nyeri atau sakit bagian perut atau punggung bawah.
  • Tak nyaman bahkan sakit kala berhubungan intim.
  • Mengalami kemandulan, keguguran, atau masalah pada masa kehamilan meski jarang terjadi.

Penanganan Dan Pencegahan
Pada kasus miom yang tak menimbulkan gejala, mungkin tak perlu pengobatan namun dalam kasus tertentu ketika ukuran miom sudah cukup besar maka diperlukan tindakan medis ataupun bisa juga konsumsi obat miom yang sudah terbukti khasiatnya. Miom kecil akan menyusut dengan sendirinya dan menghilang. Pertumbuhan sel pada miom tak bersifat kanker.
Pengobatan dilakukan pada miom yang menimbulkan gejala untuk meringankan gejala tersebut. Bila pengobatan tak berdampak secara efektif, kemungkinan dilakukan tindakan operasi, di antaranya bedah histeroskopi, miomektomi, histerektomi, embolisasi arteri rahim, atau ablasi endometrium.

Sumber : cnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *