Macam Macam Khasiat Jagung untuk Kesehatan

      No Comments on Macam Macam Khasiat Jagung untuk Kesehatan
Manfaat jagung

Manfaat jagung

Tahukah anda apa saja khasiat jagung? Tentunya anda semua sudah familiar dengan tumbuhan yang satu ini. Jagung telah menjadi makanan pokok di beberapa negara. Di Indonesia sendiri, ada yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok sehari hari.

Kandungan karbohidrat dalam jagung membuat makanan dapat menjadi sumber tenaga untuk sehari-hari. Tetapi selain menjadi makanan pokok, ada juga yang mengolah jagung sebagai makanan pendamping. Misalnya dijadikan campuran dalam sup atau diolah menjadi cemilan popcorn yang lezat.

Dibalik rasanya yang memang enak, jagung sangat baik dikonsumsi karena dapat bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi jagung.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang jarang Diketahui
Di Indonesia, meskipun belum menjadi makanan pokok yang utama, tetapi jagung telah dibudidayakan sejak lama. Jagung tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung nutrisi yang dapat mengatasi permasalahan pada kesehatan. Salah satunya adalah kalori. Jagung merupakan sumber kalori. Kandungan kalori di dalam jagung adalah sekitar 342 per 100 gram.

Sehingga membuat jagung menjadi salah satu jenis sereal yang tinggi. Maka orang yang sedang ingin menambah berat badan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung. Karena jagung dapat menambah berat badan dengan cepat. Untuk merasakan khasiat jagung pun anda tidak perlu menunggu hingga musimnya tiba karena pertumbuhan jagung yang fleksibel.

Masih ada lagi khasiat jagung yang akan membuat anda tercengang. Ternyata sekitar satu cangkir jagung, memiliki kandungan serat yang dapat mencukupi kebutuhan serat harian. Sehingga dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat ini juga akan membantu buang air besar, merangsang gerak peristaltik dan juga merangsang produksi asam lambung dan empedu.

Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan diare. Jagung juga kaya kana manfaat vitamin B, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin sendiri penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sedangkan kekurangan niacin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis seperti yang terjadi pada orang kekurangan gizi.

Jagung merupakan makanan yang menjadi sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Biji jagung sendiri memiliki manfaat yang sama seperti vitamin E, yakni sebagai antioksidan alami yang penting untuk pertumbuhan dan perlindungan tubuh. Kemudian, jagung juga memiliki kandungan mineral yang melimpah dan baik untuk tubuh.

Mineral seperti fosfor, magnesium, mangan, seng, zat besi, serta tembaga banyak ditemukan pada varietas jagung. Kemudian jagung juga mengandung selenium yang tergolong sulit ditemukan dalam bahan makanan lain. Kandungan mineral tersebut sangat berpengaruh signifikan bagi khasiat jagung.

Fosfor sendiri penting untuk mengatur pertumbuhan, kesehatan tulang, dan fungsi ginjal yang optimal. Sedangkan magnesium dibutuhkan untuk menjaga detak jantung agar tetap normal sekaligus meningkatkan kesehatan tulang.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jagung memiliki sifat sebagai anti oksidan. Antioksidan dapat berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Berbeda dengan bahan makanan lainnya yang akan menghilang gizinya ketika dimasak, jagung khususnya jagung manis justru akan meningkat jumlah anti oksidannya setelah dimasak. Selain untuk mencegah kanker, antioksidan juga baik untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker.

Sehingga sel-sel sehat tidak akan terpengaruh. Khasiat jagung yang satu ini sangat berhubungan dengan kandungan phytochemical yang menjadi sumber anti oksidan dalam jagung. Selanjutnya, jagung juga mengandung vitamin B12 serta asam folat yang baik untuk mencegah anemia. Zat besi di dalam jagung juga menjadi salah satu mineral penting yang dapat digunakan untuk membentuk sel darah merah baru.

Bukan hanya wortel saja yang memiliki kandungan beta karoten, tetapi jagung juga punya. Warna kuning pada jagung merupakan bukti dari adanya beta karoten yang dapat membentuk vitamin A pada tubuh. Vitamin A juga sangat penting untuk memelihara mata dan kulit.

Selanjutnya, jagung juga bermanfaat untuk mengontrol diabetes dan hipertensi. Mengkonsumsi jagung dianggap mampu menurunkan tanda tanda diabetes. Penelitian mengenai hal ini pun telah dilakukan. Konsumsi jagung bisa membantu pengelolaan insulin dan efektif juga untuk hipertensi. Hal ini berkat kandungan phytochemical fenolik pada seluruh jagung. Ada juga kandungan fitokimia yang sekaligus mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh. Demikianlah beberapa khasiat jagung untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *