Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Salah satu penyebab penyakit jantung koroner adalah kebiasaan makan makanan yang berlemak tinggi terutama lemak jenuh. Agar lemak mudah masuk ke dalam peredaran darah dan di serap tubuh maka lemak harus diubah oleh enzim lipase menjadi gliserol.

Aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah jantung adalah suatu keadaan arteri besar dan kecil yang ditandai oleh endapan lemak, trombosit, makrofag dan leukosit di seluruh lapisan tunika intima dan akhirnya ke tunika media.

Penyakit jantung koroner dapat disebabkan oleh beberapa hal :

  1. Penyempitan (stenosis) dan penciutan (spasme) arteri koronaria, tetapi penyempitan terhadap akan memungkinkan berkembangnya kolateral yang cukup sebagai pengganti.
  2. Aterosklerosis, menyebabkan sekitar 98% kasus PJK
  3. Penyempitan arteri koronaria pada sifilis, aortitis takayasu, berbagai jenis arteritis yang mengenai arteri coronaria, dll.

Penyakit jantung akibat insufisiensi aliran darah koroner yaitu, Angina pectoris dan infarkĀ  miokardium.

  1. Angina pectoris

Angina pectoris adalah nyeri hebat yang berasal dari jantung dan terjadi sebagai respon, terhadap suplai oksigen yang tidak kuat ke sel-sel miokardium. Nyeri angina dapat menyebar ke lengan kiri, ke punggung, ke rahang, atau ke daerah abdomen.

Adapun jenis-jenis angina :

  1. Angina stabil

Disebut juga angina klasik, terjadi jika arteri koroner yang arterosklerotik tidak dapat berdilatasi untuk meningkatkan alirannya sewaktu kebutuhan oksigen meningkat. Peningkatan jantung dapat menyertai aktivitas misalnya berolahraga atau naik tangga.

  1. Angina prinzmental

Terjadi tampa peningkatan jelas beban kerja jantung pada kenyataannya sering timbul pada waktu beristirahat atau tidur. Pada angina prinzmental terjadi spasme arteri koroner yang menimbulkan iskemi jantung di bagian hilir. Kadang-kadang tempat spasme berkaitan dengan arterosklerosis.

  1. Angina tak stabil

Adalah kombinasi angina stabil dengan angina prinzmental, dijumpai pada individu dengan perburukan penyakit arteri koroner. Angina ini biasanya menyertai peningkatan beban kerja jantung, hal ini tampaknya terjadi akibat arterosklerosis koroner, yang ditandai oleh trombus yang tumbuh dan mudah mengalami spasme.

Baca informasi terkait seputar obat herbal jantung koroner

  1. Infark miokardium

Terlepasnya plak arteriosklerosis dari salah satu arteri koroner dan kemudian tersangkut di bagian hilir sehingga menyumbat aliran darah ke seluruh miokardium yang dilewati oleh pembuluh darah tersebut. Infark miokardium juga dapat terjadi jika lesi trombosit yang melekat di arteri menjadi cukup besar untuk menyumbat total aliran darah ke bagian hilir, atau jika suatu ruang jantung mengalami hipertrofi berat sehingga kebutuhan oksigen tidak dapat terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *